Suku Di Indonesia Ini Izinkan Warganya Menikahi Saudara Sampai Ibu Kandung

 on Kamis, 25 Februari 2016  


Suku Di Indonesia Ini Izinkan Warganya Menikahi Saudara Sampai Ibu Kandung, Meski pernikahan sedarah diharamkan agama dan dilarang pemerintah, masih ada saja pria yang nikahi ibu dan saudara kandungnya sendiri di Indonesia. Bahkan, seorang ayah juga boleh kawin dengan anak kandungnya.

-Budaya pernikahan sedarah ini berlaku di suku Polahi yang berada di pedalaman Gorontalo, tepatnya di Hutan Humohulo, Pegunungan Boliyohuto, Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo. Budaya ini masih berlaku sampai sekarang.

-Di suku Polahi, kawin dengan ibu kandung dan adik atau kakak perempuan merupakan hal biasa. Begitu pula dengan ayah yang kawin dengan ibu mertua atau anak perempuannya, juga tak menjadi masalah.

-Suku Polahi merupakan suku yang masih hidup di pedalaman hutan Gorontalo dengan beberapa kebiasaan yang primitif. Mereka tidak mengenal agama dan pendidikan.

-Meski melakukan pernikahan sedarah, mereka tetap hidup berkelompok dan dipimpin kepala suku. Kepala suku inilah yang kehidupan sosial mereka.

-Pernikahan di suku Polahi tidak sulit. Kepala suku hanya membawa kedua calon mempelai ke sungai, lalu disiram air dan dibacakan mantra. Setelah itu, mereka sudah sah menjadi suami istri.

-“Di sini hanya kami. Jadi kawin saja dengan saudara,” ujar warga suku Polahi, Mama Tanio.
Suku Di Indonesia Ini Izinkan Warganya Menikahi Saudara Sampai Ibu Kandung
-Ajaib, Warga Suku Polahi Tidak Cacat
-Selain dilarang agama dan pemerintah, pernikahan sedarah juga tidak dibolehkan berdasarkan tinjauan medis. Sebab, pernikahan sedaran bisa menyebabkan cacat dan usia anaknya tidak panjang.

-Pasalnya, anak dari hasil pernikahan sedarah akan sulit diobati jika terjadi penyakit dari gen buruk. Karenanya, kawin sedarah atau inses berakibat kematian kelahiran anak sangat tinggi.

-Direktur Pusat Genetik Manusia di Perth, Australia, Prof. Alan Bittles mengatakan, kawin sedarah dapat menyebabkan beberapa penyakit pada anak. Diantaranya kebutaan, tuli, penyakit kulit dan penyakit neurodegeneratif yaitu penyakit yang terjadi karena kerusakan sel-sel saraf.

-Sementara dr. Boyke menyebutkan, perkawinan sedarah dapat menyebabkan munculnya penyakit talasemia, hermopilia, dan penyakit aneh lainnya.

-Uniknya, penyakit aneh ini tidak terjadi di lingkungan suku Polahi. Tak ada warga suku Polahi yang cacat. Selain itu, usia mereka juga tidak singkat. Bahkan, dari segi fisik, tak ada perbedaan antara hasil pernikahan sedarah dengan pernikahan lain pada umumnya.

Tradisi pernikahan sedarah dilakukan suku Polahi untuk mempertahankan keturunan mereka. Kebiasaan ini dilakukan secara turun-temurun sejak sejak nenek moyan mereka masih hidup. sumber merdeka forum
Suku Di Indonesia Ini Izinkan Warganya Menikahi Saudara Sampai Ibu Kandung 4.5 5 ZZZ Kamis, 25 Februari 2016 Suku Di Indonesia Ini Izinkan Warganya Menikahi Saudara Sampai Ibu Kandung , Meski pernikahan sedarah diharamkan agama dan dilarang pemerint...